Jumat, 05 Februari 2016

7 Penyakit ringan Anak Yang Dapat Ditangani Dirumah

7 Penyakit pada anak dan bayi yang dapat ditangani dirumah
7 Penyakit pada anak dan bayi yang dapat ditangani dirumah
7 Penyakit pada anak dan bayi yang dapat ditangani dirumah - Ibu biasanya sudah panik melihat buah hatinya sakit, seperti demam, batuk pilek dan radang tenggorokan. Akan tetapi sebenarnya apabila buah ha kita terserang penyakit ringan yang biasa terjadi pada anak - anak jangan dulu di bawa berobat, sebaiknya beri perawatan dirumah dengan catatan bukan penyakit berbahaya dan tidak berlangsung lama, untuk demam tidak lebih dari 38 derajat.
Coba deh cek penyakit dan cara mengobatinya berikut

7 penyakit anak yang dapat di tangani di rumah


  • Bilirubin atau penyakit kuning pada bayi

Bilirubin adalah suatu pigmen yang menyebabkan bayi kuning, dan menjadi penyakit ketika bilirubun berlebih. Bilirubin tidak perlu dibawa kedokter, cukup jemur di matahari pagi pada jam 7 sampai jam 9, beri asi lebih sering 8 hingga 12 kali dalam sehari, apabila susu botol 8 hingga 10 botol sehari. Cek bagian mata dan kulitnya dua kali sehari apakah sudah normal atau bertambah parah. Jika kuning sampai telapak tangan dan kaki, tinja berwarna pucat pekat, air seni berwarna kuning tidak jernih, dan dalam 3 hari setelah di lahirkan bertambah kuning, sebaiknya periksakan kedokter.

  • Demam

Untuk mengatasi demam, berikan pakaian yang nyaman dan tipis, kompres dengan air hangat, perbanyak minum atau asi agar tidak dehidrasi, serta istirahat yang cukup. baluri dan pijat tubuh bayi dengan bawang merah dan minyak telon. Berikan parutan kunyit dan madu atau air kelapa muda. Periksa ke dokter apabila panas lebih dari 38 derajat dan berlangsung lama atau bayi kurang dari 3 bulan.

  • Batuk dan pilek

Perbanyak penberian asi karena dengan menghisap dapat membantu saluran pernapasan pada bayi, mandikan bayi dengan air hangat dan biarkan suhu ruangan lembab, untuk hidung tersumbat, teteskan minyak kayu putih pada air panas untuk di hirup. Berikan pijatan sekitar punggung dan dada dengan minyak telon atau minyak kayu putih, perbanyak minum terutama air hangat untuk mengencerkan dahak. Berikan obat tradisional campuran jeruk nipis dan kecap atau daun saga. Perhatikan bila batuk lebih dari 2 minggu disertai demam tinggi. Juga terindikasi penyakit lain seperti asma, polip dan lainnya, segera periksakan ke dokter.

  • diare 

Untuk anak diare jangan memberikan obat yang memampatkan buang air besar, karena tidak akan menyembuhkan penyakitnya. Sebaiknya berikan cairan yang banyak agar tidak dehidrasi. Berikan oralit yang dapat dibuat sendiri dengan cara mencampurkan air garam dan gula. Untuk bayi kurang 6 bulan lebih memperbanyak asupan asi. segera periksa ketika diare lebih dari seminggu, demam tinggi, dan dehidrasi.

  • Radang tenggorokan

Radang tenggorokan menyebabkan anak susah makan karena sakit ketika menelan makanan, untuk anak yang sudah besar dapat berkumur dengan air hangat dicampur dengan garam, air garam dapat membunuh kuman dan mencegah peradangan. Meminum air hangat yang dicampur jeruk nipis dan madu juga dapat mengobati peradangan.

  • Sariawan

Sariawan dapat terjadi sebab kuman dan kurangnya kebersihan pada mulut, bisa juga karena terbentur atau tergigit pada lidah atau bagian bibir, atau kekurangan vitamin tertentu, pada bayi sariawan dapat terjadi karena jamur candida.albicans. Perbanyak asupan nutrisi yang baik juga vitamin C, untuk bayi yang terkena jamur candida dapat di jemur matahari pagi serta puting ibu di olesi minyak kelapa, berikan tumbukan daun saga yang dicampur madu lalu olesi ke sariawan tersebut.

  • Panas dalam

Penyebab utama panas dalam adalah kurang vitamin C dan serat, juga dapat menyebabkan sariawan bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan sayur yang banyak dapat membantu menyembuhkan panas dalam. Beri air kelapa hijau dengan campuran madu, atau berikan cincau yang tidak diberi es. Perbanyak minum air putih.

Anak sedang sakit butuh perhatian lebih dari ibu, dengan cara memeluk dan membelai di harapkan anak akan cepat sembuh. Lebih baik jangan dulu memberikan obat kimia pada bayi apabila masih dapat di cegah di rumah. Akan tetapi apabila memang mengkhawatirkan segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Artikel Mengenai 7 Penyakit ringan Anak Yang Dapat Ditangani Dirumah di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar