Kamis, 11 Februari 2016

7 Cara Meningkatkan Produksi ASI

Cara meningkatkan produksi ASI
Gambar cara meningkatkan produksi ASI
Cara meningkatkan produksi ASI - Tidak hanya sedih melihat bayi rewel kurang kenyang karena produksi ASI kita berkurang, tetapi dari segi kesehatan pun bayi menderita kurang gizi bila hal itu terjadi terus menerus. Asi memberikan apa yang di butuhkan oleh bayi. Banyak faktor yang menjadi penyebab ibu berkurang produksi ASI nya, diantaranya kurang beristirahat, makanan, pemberian susu botol terlalu dini dan lainnya.

Tips meningkatkan produksi ASI

Berikut tips upaya meningkatkan produksi ASI agar asi menjadi lancar dan deras.

  • Mempersiapkan puting sejak dini

Persiapkan puting sejak saat hamil terutama yang memiliki puting susu masuk ke dalam atau datar sehingga bisa menyulitkan bayi untuk menghisap nantinya. Pijat dengan lembut ke arah luar sehingga puting dapat menonjol. Pada puting payudara terdapat lubang kelenjar tempat keluarnya air susu, maka harus dibersihkan sebelum bayi menyusu juga dapat merangsang cepat keluarnya ASI. Bersihkan dengan menggunakan baby oil, usap dengan lembut, diamkan sejenak kemudian bersihkan dengan air hangat.

  • Hindari bayi bingung puting

Penggunaan dot dan empeng sejak dini membuat bayi menjadi bingung puting atau lebih memilih dot yang mudah untuk di hisap di banding puting, sehingga bayi kesulitan untuk menghisap puting. Pemberian susu botol dapat mengurangi ASI, karena akan jarang di hisap oleh bayi.

  • Susui bayi dengan kedua payudara

Susui bayi sesering yang ia minta tanpa batasan waktu. ASI yang sering di hisap akan memproduksi lebih banyak lagi, sebaiknya ibu menyusui dengan kedua payudara, payudara yang tidak di susui akan berakibat tidak terangsangnya air susu dan mempercepat terhentinya produksi ASI lebih awal dari semestinya.

  • Hindari stress dan perbanyak istirahat

Stress dan kecapean merupakan salah satu faktor yang membuat produksi air susu ibu menurun, hindari stress dan beristirahat yang cukup. Apabila tidak memungkinkan istirahat karena bayi tidak dapat di ajak kompromi ajak keluarga untuk membantu dalam pengasuhan.

  • Memilih makanan dan minuman yang tepat

Ibu yang sedang menyusui biasanya makan lebih banyak tiga kali lipat dari biasanya untuk memenuhi kecukupan gizi bayi dan ibu, sangat tidak di anjurkan untuk diet pada saat menyusui karena akan mengurangi asupan gizi juga produksi air susu. Makanan yang baik untuk melancarkan ASI adalah sayuran dan buah seperti pepaya, daun katuk, bayam, jus wortel. Sup daging, ayam atau ikan serta oatmeal juga dapat memperlancar keluarnya air susu ibu. Sebaiknya hindari makanan yang bersifat merangsang seperti kopi, makanan yang berbumbu banyak dan pedas, alkohol dan sebagainya. hindari rokok dan minum setidaknya 8 gelas sehari.

  • Pemakaian alat kontrasepsi

Adakalanya alat kontrasepsi dapat memicu produksi ASI menjadi sedikit atau malah menghentikan secara keseluruhan. Hindari kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen. alat kontrasepsi yang tepat untuk menyusui adalah kontrasepsi dalam rahim atau spiral/IUD dan kondom.

  • Pemijatan

Apabila posisi bayi tidak pas dalam menyusu pasti akan membuat puting dan payudara menjadi sakit, untuk menghindari peradangan pada payudara akibat penyumbatan lakukan pijatan lembut pada payudara dengan minyak kelapa, lalu kompres dengan air hangat.

Susui bayi ibu sesuka yang ia mau untuk membuatnya merasa kenyang, juga dapat membuat produksi ASI meningkat. Sehabis menyusu bersihkan puting dengan air susu saja, tidak dengan vaselin, sabun atau yang lain yang akan membuat minyak alami dalam puting hilang juga membuat puting menjadi kering dan berakibat tidak baik untuk ibu.

Artikel Mengenai 7 Cara Meningkatkan Produksi ASI di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword: Makanan untuk meningkatkan produksi asi, tips untuk meningkatkan produksi asi, makanan yang dapat menigkatkan produksi asi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar