Jumat, 05 Februari 2016

Mengenali Arti Tangisan Bayi dan Cara Menghentikannya

Mengenali Arti Tangisan Bayi dan Cara Menghentikannya
Gambar Mengenali Arti Tangisan Bayi dan Cara Menghentikannya
Mengenali arti tangisan bayi dan cara menghentikannya - Terkadang ibu sangat depresi melihat bayinya menangis terus, untuk ibu yang baru mempunyai anak pertama biasanya agak panik jika buah hatinya menangis dan tak kunjung diam. Menangis adalah cara bayi untuk memberitahukan ada yang salah dengan dirinya, baik itu lapar, tidak nyaman dan lainnya. Coba cek deh bagaimana dan apa saja penyebab bayi anda menangis berikut

Mengenali tangisan bayi dan tips cara menghentikannya


  • Tangisan karena lapar

Biasanya bayi menangis sering disebabkan ia lapar, bayi yang menangis karena lapar mudah di tebak, ibu harus mengingat kapan terakhir pemberian asi, apakah 1 atau 2 jam yang lalu, karena perut bayi masih terlalu kecil untuk mencerna banyak asi, maka ia akan sering merasa lapar karena tidak dapat mengkonsumsi asi yang banyak. Tangisannya akan sedikit keras dan berlangsung lama sebelum di berikan asi, biasanya tangan dan jarinya akan dinasukkan ke dalam mulut sebagai tanda bahwa ia lapar. Segeralah memberinya asi atau mp asi jika sudah 6 bulan lebih, jangan sampai menunda pemberian karena ia akan menjadi rewel nantinya.

  • Tangisan karena tidak nyaman
Terkadang suhu yang terlalu panas atau dingin membuat bayi tidak nyaman, seperti sehabis mandi atau ganti baju kemungkinan besar ia kedinginan karena bayi sudah terbiasa hangat saat di dalam kandungan. Bisa juga ia kegerahan karena cuaca yang panas, bisa dilihat dari pakaiannya yang basah karena keringatan, atau juga ada binatang seperti semut yang menggigitnya. Sebaiknya cari tahu apa penyebab ketidak nyamanan bayi anda, segera ambil tindakan agar bayi merasa nyaman dan tidak menangis lagi.

  • Tangisan karena lelah

Memang bayi 0-3 bulan tidak banyak melakukan aktifitas, akan tetapi apabila anda membawanya ke sebuah acara atau suatu tempat dan banyak orang yang menggendong dan mengajaknya bercanda akan membuatnya merasa lelah. Lain lagi untuk bayi yang sudah 4 bulan lebih, aktifitasnya sudah banyak untuk belajar sesuai perkembangannya, bayi pun akan merasa kelelahan dengan stimulasi perkembangannya. Tangisannya akan terdengar merengek dan sedikit meraung disertai lengkingan, bayi akan sangat rewel. Beri pijatan lembut pada punggung, dada, paha serta betis dengan minyak telon, tidurkan bayi anda dengan cara di usap dan ayun dengan lembut.

  • Tangisan karena mengantuk

Bayi yang sudah terlalu lelah biasanya mengalami masalah sulit tidur meski sudah mengantuk. Timang, dekap dan ayun dengan lembut agar ia rileks, bisa juga dinyanyikan lagu yang menenangkan

  • Tangisan karena ingin buang air

Bayi usia 3 bulan biasanya pipis setiap 1 jam sekali sampai usia 12 bulan dan frekuensinya akan berkurang menjadi 2-3 jam. Ada beberapa bayi yang sangat sensitif dengan popok yang basah atau kotor karena BABnya, ia merasa tidak nyaman dengan itu. Segeralah ganti popok dan pakaiannya yang basah agar bayi anda merasa nyaman kembali.

  • Tangisan karena sakit

Bayi anda menangis bisa jadi karena sakit atau tidak enak badan, tangisannya akan sedikit keras dan melengking tidak seperti biasanya, coba cek kondisi badan bayi anda, apakah ia demam, atau sulit makan, untuk usia 4 bulan keatas periksa juga gusinya bisa jadi karena bayi akan tumbuh gigi. Bisa jadi juga ada bagian badannya yang sakit, cek sekujur badan, kaki, tangan, perut jika ada bagian badan tertentu diperiksa dan bayi menangis lebih kencang, kemungkinan ada yang tidak beres. segera periksakan ke dokter apabila bayi anda mengalami sakit tertentu.

  • Tangisan karena bersendawa atau ingin buang gas

Saat pemberian asi biasanya bayi cenderung menelan udara juga dan itu menyebabkan ia kembung. Saat gelembung udara tersangkut di dada, ia ingin mengeluarkannya dan itu membuatnya tidak nyaman, bayi ingin memberitahu dengan cara menangis. Apabila bayi tidak dapat bersendawa maka udara tersebut akan bergerak ke sistem digestif anak, yang akan membuatnya ingin buang gas. Sebaiknya sebelum anak anda menangis karena ingin bersendawa bantulah ia mengeluarkan udara yang masuk ke dalam perut dengan cara sehabis pemberian asi gendong bayi di bahu lalu tepuk-tepuk  punggungnya dengan lembut untuk membantu mengeluarkan udara tersebut dengan mudah.

  • Tangisan karena kaget atau suasana lingkungan yang berbeda

Tangisan bayi yang kaget karena suara yang kencang atau orang dewasa yang terlalu bersemangat saat bermain dengan bayi biasanya akan terkejut lalu menangis dengan tiba-tiba dan jeritan melengking kencang. Bisa juga suasana yang berbeda dari biasanya seperti ramai, lampu yang di padamkan atau terlalu terang bisa membuatnya menangis tiba-tiba. Tenangkan bayi dengan cara di gendong dan di peluk beri usapan lembut di punggung agar bayi tenang dan berhenti menangis.

  • Tangisan ingin di gendong

Sentuhan dan pelukan ibu sangat penting bagi bayi karena ia merasa di lindungi dan di cintai. Akan sangat di anjurkan memeluk dan menggendong bayi agar bayi merasa aman dan mengenali aroma tubuh ibunya.

Ibu dapat melihat dan mendengarkan ekpresi dan suara yang berubah pada tangisan bayi. Semakin lama ibu akan memahami apa arti tangisan bayi karena terbiasa melihat dan mendengar, juga karena naluri seorang ibu. Perhatikan sekeliling apakah ada yang tidak beres dengan udara atau keadaan bayi hingga membuatnya menangis. Tenangkan bayi dengan menggendong dan mengusap atau menepuk punggung dengan lembut di iringi dengan nyanyian yang membuat bayi anda nyaman.

Artikel Mengenali Arti Tangisan Bayi dan Cara Menghentikannya di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword: Arti tangisean bayi, mengenali tangisan bayi, arti tangisan bayi 0-3 bulan, makna tangisan bayi, tanda tangisan bayi, memahami tangisan bayi, kenali tangisan bayi, cara mengenali tangisan bayi, cara menghentikan tangisan bayi, cara mengenali tangisan bayi, cara meredakan tangisan bayi, memahami arti tangisan bayi, mengenali arti tamgisan bayi, mengenal tangisan bayi, jenis tangisan bayi, macam-macam tangisan bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar