Minggu, 10 Januari 2016

Manfaat Tidur Siang Untuk Balita

manfaat tidur siang untuk balita
Gambar Manfaat Tidur Siang Untuk Balita
Manfaat tidur siang untuk balita - Tidur siang tidak hanya penting untuk perkembangan fisik balita tetapi juga penting untuk mentalnya. Balita yang tidak atau kurang tidur siang cencerung mengalami stres, kelelahan, sulit untuk fokus, dan merasa tidak bahagia. Sebaiknya pastikan balita anda untuk tidur siang yang cukup dan teratur.

Manfaat dan fakta tentang tidur siang

Biasanya balita tidur siang 30-40 menit dan itu sudah cukup, ada pula balita yang tidur siangnya lama bahkan sampai berjam-jam, itu tidak masalah dalam tingkat kemalasan, orang dewasa berbeda dengan balita dalam hal tidur, bila orang dewasa tidur terlalu lama hal itu akan mengganggu kesehatan, akan tetapi untuk bayi baik untuk pertumbuhannya.

Mempengaruhi kecerdasan dan ingatan yang baik

Terdapat hubungan antara kecerdasan anak dan pola tidur. Manfaatnya untuk bayi, membantu mengembangkan kemampuan bayi secara optimal. Dengan tidur siang, pertumbuhan hormon dapat berfungsi dengan baik terhadap aliran darah. Tidur siang juga memberikan perasaan tenang dan memulihkan kembali energi sehingga pemulihan fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik. Penelitian mengungkapkan tidur siang membantu meningkatkan kinerja otak anak, terutama dalam hal ingatan.

Merangsang pertumbuhan

Anak yang aktif bukan hanya badannya saja yang bergerak, tetapi otot, otak dan organ-organ di dalam tubuhnya juga beraktifitas. Dengan tidur siang, anak bisa mengistirahatkan tubuhnya, sehingga saat terbangun anak kembali segar untuk beraktifitas. Tidur siang yang rutin membuat pertumbuhan tubuh lebih optimal, karena hormon pertumbuhan lebih aktif mengalir dalam darah saat anak tidur siang. Hormon ini di produksi oleh otak yang bekerja sama dengan hormon lainnya seperti hormon otot, anak ginjal, tulang, mereka membantu proses pertumbuhan tubuh anak.

Menjaga kesehatan dan mengurangi sakit

Waktu tidur di perlukan saat tubuh sudah merasa lelah, untuk mengembalikan tenaga dan kesegaran anak. Ketika si anak sedang sakit, demam, sakit gigi atau flu dan batuk, tidur yang cukup dapat mengurangi intensitan penyakit yang di alami.

Meningkatkan kemampuan proses informasi dan memiliki kekuatan imajinatif yang luar biasa

Anak balita yang cukup tidur mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam hal memproses informasi dan mengaplikasikan kemampuannya. mereka lebih kreatif dan memiliki kekuatan imajinatif karena otak mereka akan memproses apa yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan imajinasi mereka saat tidur.

Tidak mudah stres

Balita di bawah umur 2 tahun yang tidak tidur siang atau tidurnya kurang cenderung mengalami stres dan tidak bahagia. Ini terjadi karena saat anak tidak tidur siang anak akan cenderung menjadi rewel dan lebih cemas.

Pastikan balita ibu mendapatkan tidur siang yang cukup agar tidak mengalami kelelahan, perasaan cemas dan stres. buatlah ia bahagia dengan pertumbuhan yang optimal dan sehat.

Artikel Manfaat tidur siang untuk balita di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar