Minggu, 04 Oktober 2015

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan bayi 5 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 5 Bulan
Perkembangan bayi 5 bulan - Melihat perkembangan bayi anda dari waktu ke waktu memang sangat menakjubkan, setelah bertambah bulan kemampuannya pun sudah mulai berkembang. Ibu harus sepenuhnya menjaga bayi agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, mulailah mengamankan rumah anda, seperti tidak menaruh bahan berbahaya berada dekat dari jangkauannya.

Perkembangan bayi 5 bulan


Pada perkembangan bayi 5 bulan ini adalah fase saat ia mulai belajar duduk, bayi suka di dudukkan pada posisi tegak meski harus bertumpu dengan tangannya terlebih dahulu, beri sandaran bantal atau tubuh anda untuk menopang tubuhnya. Untuk mainannya, pilihlah mainan yang sudah beredukatif seperti cermin kecil berbahan plastik yang aman, bayi biasanya akan senang melihat wajahnya sendiri. mainan berbentuk seperti alat transportasi, binatang, dan benda, kenalkan sejak dini sambil dinyanyikan. hindari membeli mainan yang berbentuk kecil, karena usia 5 bulan senang memasukkan benda yang ada di tangannya ke dalam mulut.

inilah ciri perkembangan bayi usia 5 bulan :

  • Kebanyakan bayi 5 bulan sudah dapat tidur sepanjang malam, terbangun hanya untuk menyusu atau ngompol, pada siang hari bayi tertidur 1-2 jam di pagi hari dan siang hari. berilah asi yang cukup agar bayi kenyang dan dapat tertidur pulas, karena bayi tumbuh berkembang pun dari tidur yang berkualitas.
  • Perkembangan bayi 5 bulan dalam berkomunikasi sudah beragam, bayi 5 bulan sudah dapat mengatakan mama, papa, dada, dan lainnya. Bayi usia 5 bulan sudah mengerti asal suara, apakah dari kucing yang mengeong, suara mobil, motor, atau yang lainnya. Bayi pun sudah mengerti saat di panggil namanya.
  • Bayi 5 bulan sebenarnya belum siap untuk di beri makanan selain asi, tetapi apabila asi sudah mulai tidak mencukupi rasa lapar bayi dapat mulai di coba makanan pendamping asi, makanan padat pertamanya seharusnya makanan yang mudah di cerna seperti pure pisang, labu sereal, bubur, gandum yang di campur asi. amati reaksi bayi anda, hentikan apabila ia menolak.
  • Kemampuan motorik bayi usia 5 bulan yang terlihat adalah saat ia mulai belajar duduk, untuk menyanggah, dapat di bantu dengan bantal atau Boppy, kakinya pun sudah ditendang-tendang, menunjukkan ia siap untuk merangkak di bulan-bulan berikutnya. Genggaman bayi sudah cukup kuat, bayi sudah dapat memegang gelas yang memiliki dua gagang, pilih gelas yang tidak tajam dan terbuat dari plastik yang tebal.
  • Bayi yang berada di antara batas bawah dan atas masih tergolong berat badan normal sesuai usia, untuk bayi laki-laki berat normalnya adalah 6.0-9.3 kg, untuk bayi perempuan adalah 5.4-8.8 kg. Bayi yang beratnya dibawah batas bawah adalah  underweight atau berat badan kurang, bayi yang beratnya diatas batas atas adalah overweight atau berat berlebih.
Bayi menyukai musik daripada percakapan, dengarkanlah ia musik yang lembut atau ceria, jangan yang keras. Pada usia bayi 5 bulan di minggu terakhirnya bayi sudah mulai belajar merangkak, sudah menggeser-geser kakinya.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : Perkembangan bayi 5 bulan, perkembangan bayi usia 5 bulan, bayi usia 5 bulan, makanan bayi 5 bulan, bayi umur 5 bulan, mainan bayi 5 bulan, berat badan bayi 5 bulan, bayi 5 bulan bisa apa, perkembangan bayi umur 5 bulan, makanan untuk bayi 5 bulan, tumbuh kembang bayi 5 bulan, berat badan bayi usia 5 bulan, permainan bayi 5 bulan, pertumbuhan bayi 5 bulan, mainan untuk bayi 5 bulan, berat bayi 5 bulan, bayi 5 bulan makan, makanan bayi usia 5 bulan, makanan bayi umur 5 bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar